Blok AV Mobitz II atau APC Bigeminy?

Abstract

Seorang perempuan 82 tahun dengan keluhan fatigue dirujuk ke poli aritmia untuk evaluasi lebih lanjut kemungkinan pemasangan alat pacu jantung menetap. Pemeriksaan fisik dalam batas normal. Rekaman EKG sebagaimana terlihat pada gambar 1.
Gambaran EKG di atas memperlihatkan jarak interval PP yang tetap dengan gelombang P yang dikonduksikan ke ventrikel membentuk kompleks QRS (conducted) berselang seling dengan gelombang
P yang tidak diteruskan ke ventrikel (non-conducted). Secara singkatrekaman EKG tersebut akan membawa pembaca pada diagnosis blok AV tipe Mobitz II.



Blok AV tipe Mobitz II disebut juga blok AV derajat kedua tipe 2 ditandai dengan gambaran EKG yang menunjukkan gelombang P non-conducted yang intermiten tanpa didahului oleh pemanjangan interval PR dan tidak diikuti oleh pemendekkan interval PR. Umumnya letak blok berada di bawah nodal AV (infranodal). Oleh karena itu kompleks QRS pada Mobitz II hampir selalu memperlihatkan gambaran blok berkas cabang atau blok fasikular. Sebagian ahli mengelompokkan blok 2:1 ke dalam kelompok tersendiri yang tidak termasuk Mobitz I atau II karena hilangnya sifat intermiten blok yang biasanya terjadi pada Mobitz II.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gaudio C, Di Michele S, Ferri FM, Mirabelli F, Franchitto S, Alessandri N. A case of non-conducted atrial bigeminy simulating a second-degree atrioventricular block. A holter ECG diagnosis. Eur Rev Med Pharmacol Sci. 2004;8(4):169-171.

Wogan JM, Lowenstein SR, Gordon GS. Second-degree atrioventricular block: Mobitz type II. J Emerg Med. 1993;11(1):47-54.
Views & Downloads
Abstract views: 80   
PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 0   
How to Cite
Blok AV Mobitz II atau APC Bigeminy?. (1). Indonesian Journal of Cardiology, 33(5), 58-60. https://doi.org/10.30701/ijc.v33i5.78
Section
Forum Aritmia